Rabu, 17 Oktober 2012

Efisiensi Pasar dan Ekonomi


EFISIENSI PASAR DAN EKONOMI
1. EFISIENSI PERSAINGAN SEMPURNA
Kekacauan dan kekerasan dari persaingan pasar merupakan dorongan yang kuat untuk menaikkan hasil produksi dan standar hidup—merupakan salah satu gagasan yang paling dalam dan kuat dalam sejarah. Teori ini sesuai dengan teori adam smith bahwa “melalui kerja dari tangan yang tak terlihat, mereka yang mengejar kepentingan sendiri dalam ekonomi yang kompetitif akan mengembangkan kepentingan public dengan cara yang efektif”.
Efisiensi seperti yang dikemukakan para ekonom, merupakan suatu proses dimana masyarakat menekan jumlah maksimum dari kepuasan konsumen dari sumber yang tersedia. Lebih tepat lagi, efisiensi alokatif (efisiensi pareto) terjadi jika tidak ada cara untuk mereorganisasi produksi atau konsumsi sehingga akan meningkatakan kepuasan dari satu orang tanpa mengurangi kepuasan orang lain. atau, dengan kata lain, situasi yang paling efisien adalah situasi dimana tidak ada orang yang dibuat lebih baiktanpa membuat yang lain lebih buruk.
Dibawah kondisi yang terbatas, termasuk persaingan sempurna, ekonomi pasar akan menunjukkan efisiensi alokatif. Dalam system semacam ini, ekonomi sebagai satu kesatuan bersifat efisien, dan tidak seorang pun dapat menjadi lebih baik tanpa membuat orang lain menjadi lebih baik. Ini berarti bahwa, dengan adanya sumber penghasilan dan teknologi masyarakat, bahkan seorang perencana yang paling ahli sekalipun tidak dapat mengembangkan computer atau skema reorganisasi yang baik dan menemukan solusi yang lebih unggul dari pasar kompetitif; tidak ada reorganisasi yang membuat semua orang dalam keadaan bai. Dan hasil ini berlaku baik ekonomi mempunyai satu atau dua pasar kompoetitif untuk barang dan factor.
2. KESEIMBANGAN UMUM DARI SEMUA PASAR
Perilaku pasar individu dalam analisis keseimbangan parsial :
a.       Penawaran dan permintaan yang kompetitif berjalan untuk menentuan harga dan kuantitas dalam pasar individu
b.      Kurva permintaan pasar berasal dari keperluan marginal atas barang-barang yang berbeda
c.       Biaya marginal atas komoditas yang berbeda berada di balik kurva permintaan mereka yang kompetitif
d.      Perusahaan-perusahaan menghitung biaya marginal dari produk dan marginal revenue, produk dari factor-faktor dan kemudian memilih input dan output sehingga dapat memaksimalkan laba
e.       Marginal revenue products ini, yang dihitung untuk semua perusahaan, memberikan permintaan tak langsung untuk factor-factor produksi.
f.        Pemintaan tidak langsung atas lahan, tenaga kerja atau barang modal ini berinteraksi dengan penawaran pasar mereka unutk menentuan harga-harga pasar seperti tingkat sewa, upah dan suku bunga.
g.      Harga dan kuantitas factor menentukan pendapatan, dimana kemudian menutup kembali siklus ke tahap 1 dan 2 dengan membantu menetapkan permintaan atas komoditas-komoditas yang berbeda.
Analisis keseimbangan parsial diatas mengidentifikasi perilaku pasar tunggal atau rumah tangga, perusahaan, dengan mengambil perilaku dari seluruh pasar dari yang lain dari system ekonomi seperti yang telah ada.
INTERAKSI DARI SELURUH PASAR DALAM KESEIMBANGAN UMUM.
Sebagai contoh tentang revolusi Iran tahun1979 membawa peningkatan harga minyak di seluruh dunia, menurunkan permintaan atas kendaraan dan menyebabkan ribuan pekerja bajakehilangan pekerjaan mereka? Bagaimana atas kegagalan miliaran dollar dari surat obligasi rusia yang tidak bergana mengguncang pasar dunia pada tahun 1997 dan menghasilan penyusunan kembali secara besar-besaran atas triliyunan dolar pada pasar modal dan surat obligasi di Amerika Serikat dan Negara lain? dampak ini dan dampak ekonomi lain yang tidak terhitung jumlahnya terjadi melalui interaksi keseimbangan umum dari tujuh langkah yang diuraikan diatas. Semua proses keseimbangan parsial berlangsung secara simultan.
Alur melingkar. Pasar-pasar untuk imput dan output dihubungkan di dalam sistem yang saling bergantung yang kita sebut suatu keseimbangan umum. Figur 14A-1 menggambarkan struktur umum dari keseimbangan umum. Lingkar bagian luar menunjukan permintaan dan penawaran dari semua barang dan factor. Di sini kita bicara semua produk yang berbeda (jagung, perawatan kesehatan, perjalanan udara, dll.), yang dibuat oleh susunan yang besar atas faktor-faktor produksi (lading jagung, ahli bedah, pesawat udara, dll.).
Masing-masing barang atau factor saling bertukar di dalam suatu pasar, dan keseimbangan penawaran dan permintaan menentukan harga dan kuantitas dari barang tersebut.Penampuran antara penawaran dan permintaan itu terjadi jutaan kali setiap hari, untuk semua jenis komuditas dari a sampai z. Bagian atas lingkaran membawa penawaran dan permintaan untuk produk, sedangkan bagian bawah menunjukan penawaran dan permintaan untuk factor produksi. Para konsumen menciptakan permintaan bagi produk dan penawaran bagi faktor-faktor produksi; rumah tangga membeli barang-barang konsumsi mereka dengan pendapatan yang mereka peroleh dari factor produksi yang mereka tawarkan. Begitu pula, bisnis membeli faktor-faktor produksi tersebut dan menawarkan produk yang mereka hasilkan, dengan membayar pendapatan faktor dan laba dengan hasil dari produk yang mereka jual.
Rumah tangga
Kepuasan relative berbagai barang
 
Bisnis
Fungsi-fungsi produksi yang menghubungkan input dan output
 
 













FIGUR 14A-1. Input, Produksi, Output dan Konsumsi Membentuk Alur Melingkar Kehidupan Ekonomi
Keseimbangan umum dari ekonomi berisi struktur logis di balik jutaan pasar yang menentukan harga dan output: (1) Rumah tangga, yang ingin memaksimalkan kepuasan mereka, menawarkan faktor produksi dan membeli produk, sedangkan (2) perusahaan, dipandu oleh daya tarik laba, mentransformasikan faktor-faktor yang dibeli dari rumah tangga ke dalam produk yang dijual ke rumah tangga. Struktur logis dari sistem keseimbangan-umum menjadi lengkap.
SIFAT-SIFAT KESEIMBANGAN UMUM YANG KOMPETITIF
Sistem keseimbangan-umum lebih mewakili seluruh perekonomian, daripada hanya merupakan bagiannya saja. Di dalamtersebut bisa terkadang berbagai macam tenaga kerja, mesin, dan lahan, yang kesemuanya berfungsi sebagai input untuk menghasilkan lusinan jenis computer yang berbeda, ratusan spesifikasi kendaraan yang berbeda, dan seterusnya. Juga berisi jasa pelayanan seperti sambungan seluler, mata kuliah perguruan tinggi, liburan di Disneyland, begitu juga barang-barang seperti peralatan konstruksi-berat, pizza dan telepon seluler.
Bagaimana kita tahu bahwa suatu ekonomi pasar yang kompetitif itu efisien? (1) Pertama kita mendeskripsikan asumsi-asumsi kita mengenai keseimbangan ekonomi umum kita. (2) Kemudian dengan gaya meringkas kita mendeskripsikan sifat-sifat dari suatu keseimbangan umum. (3) Selanjutnya, dalam suatu pembahasan yang lebih teknis, kita menguraikan sifat-sifat suatu keseimbangan umum secara lebih rinci. (4) Akhirnya, kita menunjukkan mengapa suatu keseimbangan umum yang bersaing sempurna akan efisien.
1.      Prinsip-prinsip Dasar dari Keseimbangan Umum
Kita mengasumsikan bahwa semua pasar sangat kompetitif yakni pasar-pasar tersebut tunduk pada persaingan yang keras dari para pembeli dan penjual. Setiap harga apakah itu untuk input atau output, bergerak secara cukup fleksibel untuk menyeimbangkan penawaran dan permintaan setiap saat. Perusahaan-perusahaan memaksimalkan laba, sementara para konsumen memilih tempat barang dari pasar yang paling disukai. Setiap barang dihasilkan menurut persyaratan konstan atau keuntungan yang menurun terhadap skala. Tidak ada polusi, eksternalisasi peraturan pembatasan keluar masuk pasar, atau serikat pekerja yang monopolistic merusak lanskap pesaingan.
Konsumen dan produsen mendapat informasi yang memadai mengenai harga dan peluang ekonomi. Kondisi ini jelas merupakan situasi yang dicita-citakan. Tetapi kalaupun perekonomian semacam ini ada, itu akan berupa ekonomi yang di dalamnya tangan yang  tak keluhatan-nya Adam Smith dapat berkuasa tanpa halangan apa pun dari eksternalitas atau persaingan yang tidak sempurna.
2.      Hasil-hasil dasar sari keseimbangan umum
Komponen-komponen utamanya adalah perilaku konsumen dan produsen dan interaksi mereka untuk menghasilkan keseimbangan keseluruhan. Pertama, para konsumen mengalokasikan pendapatan mereka untuk barang yang berbeda-beda untuk memaksimalkan kepuasan mereka. Mereka memilih barang-barang sehingga kepuasan marginal per dolar pengeluaran akan sama dengan unit terakhir dari setiap komoditas.
Apakah persyaratan untuk memaksimalisasi laba dari para produsen? Dalam pasar produsen akan mengatur tingkat outputnya sehingga biaya marginal produksi sama dengan biaya harga barang. Karena ini merupakan kasus untuk setiap barang dan setiap perusahaan, ternyatalah bahwa harga pasar yang kompetitif untuk setiap barang mencerminkan biaya marginal masyarakat dari baranh itu. Jika kedua pernyataan ini digabungkan maka didapat persyaratan untuk keseimbangan yang kompetitif.
Keseimbangan umum dari keseluruhan pasar menentukan harga dan output sehingga kepuasan marginal dari setiap barang kepada para konsumen sama dengan biaya marginal dari setiap barang kepada masyarakat.
3. ANALISIS RINCI MENGENAI KESEIMBANGAN UMUM
            a. keseimbangankonsumen
            ketika memilih barang, para konsumen akan memaksimalkan kepuasan mereka dengan menyamakan kepuasan marginal per dolar pembelanjaan.  Hukum ini mengimplikasikan persyaratan sebagai berikut:
MU1          P1
MU2         P2
Jadi rasio dari kepuasan marginal (MU) dari dua barang sama dengan rasio dari harga-harga barang tesebut (P).
            b. keseimbangan produsen
i. kondisi output untuk para produsen ialah bahwa tingkat output diatur sehingga harga dari setiap barang sama dengan biaya marginal (MC) dari barang itu. Persamaanya:
MC1            P1
MC2           P2
Persamaan ini menyatakan bahwa, dalam perekonomian yang kompetitif, rasio dari biaya marginal dari dua produk jadi sama dengan rasio harganya.

ii.persaingan juga membawa kepada konsumen persyaratan  input tertentu untuk para produsen. Perusahaan-perusahaan yang memaksimalkan laba memilih jumlah dari setiap input sehingga nilai dari produk marginalnya sama dengan harganya. Rasio dari marginal revenue product (MRP) dari input sama dengan rasio dari harga :
marginal revenue product lahan pada barang 1                        harga lahan
marginal revenue product tenaga kerja pada barang 1           harga tenaga kerja
persyaratan input itu penting karena menyatakan secara tidak langsung bahwa rasio marginal produk dari faktor-faktorproduksi tersebut sama untuk semua input dan semua perusahaan dalam semua penggunaan.
4. EFISIENSI DARI PASAR-PASAR YANG KOMPETITIF
            Suatu sistem pasar keseimbangan umum akan menunjukkan efisiensi alokatif ketika ada persaingan sempurna, dengan produsen dan konsumen yang berpengetahuan luas dan tidak ada efek-efek eksternal. Dalam sistem seperti ini, setiap harga barang sama dengan biaya marginalnya dan setiap barang factor sama dengan nilai marginal produknya. Ketika masing-masing produsen memaksimalkan laba dan konsumen memaksimalkan kepuasaan, perekonomian sebagai keseluruhan bersifat efisien. Tidak ada seorangpun dapat dibuat lebih baik tanpa membuat orang lain menjadi lebih buruk.
            Hal dasar untuk dilihat ialah bahwa, karena harga berlaku sebagai sinyal atas kelangkaan ekonomi untuk para produsen dan keperluan sosial untuk para konsumen, mekanisme harga yang kompetitif memungkinkan percampuran terbaik dari barang dan jasa pelayanan untuk diproduksi dari sumber masyarakat dan teknologi.
Ket :
Efisiensi perekonomian terjadi ketika tidak-adanya kepuasaan seseorang pun dapat ditingkatkan tanpa menyakiti orang lain. Ini berarti hasil efisien berada pada utility possibility frontier (UPF). Pergerakan dari hasil A ke hasil C meningkatkan kesejahteraan Eve hanya dengan menyakiti adam. Keduanya merupakan alokasi efisien. Titik B berada dalam UPF dan tidak efisien karena Adam, Eve atau keduanya bisa berada dalam keadaan lebih baik tanpa melukai siapapun.
 
DEMONSTRASI GRAFIK
http://lh6.ggpht.com/_1wtadqGaaPs/THLYEc_mGgI/AAAAAAAAUpo/bKTe1xKF5BE/tmp8F35_thumb3.jpg
Utility possibility frontier (UPF) adalah kurva yang menunjukkan batas luar kepuasaan yang dapat dicapai oleh suatu perekonomian. Konsep ini mirip dengan batas kemungkinan produksi, perbedaanya adalah bahwa UPF menempatkan keperluan atau tingkat kepuasan pada dua aksis. Kemiringan UPF yang menurun untuk mengindikasikan bahwa, pada batas itu ketika kepuasan satu orang meningkat, kepuasan orang lain harus berkurang.
UPF digambarkan bergelombang mengindikasikan bahwa skala ukuran keperluan individu bersifat acak. Yang menjadi masalah adalah bahwa tingkat kepuasan seseorang naik ketika indeks kepuasan meningkat. Karena hubungan yang positif antara kepuasan dan tingkat konsumsi yang diinginkan maka dijamin bahwa setiap orang pasti akan ingin bergerak sejauh mungkin pada aksis kepuasannya. Jadi suatu perekonimian bersifat efisien ketika berada pada batas kemungkinan kepuasan.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar